Langgar Aturan, AOC Maskapai Rusia Transaero Bakal Dicabut



Regulator penerbangan di Rusia, Rosaviatsia, telah mengumumkan akan mencabut izin operasi atau Air Operator Certificate (AOC) milik maskapai penerbangan Transaero. Pencabutan AOC akan efektif terjadi mulai 26 Oktober 2015 lantaran Transaero melanggar sejumlah aturan yang tertuang dalam Federal Air Regulation (FAR).

Rosaviatsa bulan ini telah melakukan audit terhadap pembukuan dan operasional Transaero. Hasilnya, regulator menemukan berbagai permasalahan terhadap maskapai penerbangan itu, seperti kekurangan modal untuk melayani, membayar utang, dan beroperasi secara penuh.

Berdasarkan temuan Rosaviatsa, Transaero kekurangan dana untuk melatih pilotnya di simulator, melakukan inspeksi kelaikan berbagai armada pesawat, serta merawat dan memperbaiki pesawat secara berkala. Sejumlah temuan itu membuat operasional penerbangan Transaero memiliki risiko terkait dengan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Penumpang yang terkena imbas penghentian operasional penerbangan Transaero akan dialihkan ke maskapai penerbangan lain, sedangkan 6.000 dari total 10.000 karyawan Transaero bakal diserap oleh maskapai penerbangan nasional Rusia, Aeroflot.

Foto: Wikimedia 

Be the first to comment

Leave a Reply