Kuartal Kedua 2015, Jumlah Penumpang AirAsia X Turun 20 Persen



AirAsia X, maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia, pada kuartal kedua 2015 mengalami penurunan jumlah penumpang. Tidak tanggung-tanggung, jumlah penumpang AirAsia X sepanjang April sampai Juni 2015 turun 20 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Secara total, sepanjang kuartal kedua 2015 AirAsia X hanya mampu mengangkut 810.994 penumpang.

Meskipun demikian, AirAsia X masih optimis jumlah penumpang akan membaik dengan cepat. “Ini bukti nyata dengan melihat pemesanan tiket awal yang menjanjikan, khususnya dari pasar Australia,” ungkap perusahaan penerbangan yang fokus melayani rute-rute jarak menengah hingga jarak jauh tersebut.

Selain mengalami penurunan jumlah penumpang, tingkat isian kursi atau load factor penerbangan AirAsia X juga turun. Sepanjang kuartal kedua 2015, tingkat keterisian kursi rata-rata penerbangan AirAsia X hanya mencapai 68 persen. Namun, harga tiket rata-rata yang ditawarkan oleh AirAsia X malah mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply