KNKT: Tidak Ada Human Error di Kecelakaan Penerbangan QZ8501



Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) menegaskan bahwa tidak ada human error atau faktor manusia dalam kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501 yang terjadi pada 28 Desember 2014 lalu. “Tidak ada human error. Design pesawat saja bisa salah di sini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo dalam keterangan resmi yang diberikan pada hari ini, Selasa (1/12/2015), di Kantor KNKT, Jakarta Pusat.

Nurcahyo mengatakan tidak ada indikasi izin rute dan cuaca ikut menjadi faktor dalam kecelakaan  penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501. KNKT mengindikasikan kecelakaan terjadi karena ada komponen pesawat yang mengalami kerusakan. Berdasarkan analisa, komponen yang rusak adalah Rudder Travel Limiter Unit (RTLU), yakni terjadi retakan akibat seringnya menghadapi cuaca ekstrim.

Selain itu, kecelakaan juga terjadi sistem perawatan pesawat yang kurang optimal, sehingga perusahaan tidak bisa menemukan adanya kerusakan yang sama secara berulang-ulang. “Investigasi terhadap catatan perawatan pesawat dalam 12 bulan terakhir menemukan adanya 23 kali gangguan terkait dengan sistem Rudder Travel Limiter (RTL) di tahun 2014,” ujar Cahyo.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply