KNKT Selidiki Penyebab Kecelakaan Batik Air ID6380 Dalam Empat Bulan



Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) mengaku sudah mengamankan kotak hitam atau black box yang terpasang pada pesawat Boeing 737-900ER dengan registrasi PK-LBO milik Batik Air. Seperti diketahui, pesawat itu tergelincir ketika mengoperasikan penerbangan ID6380 dari Jakarta menuju Yogyakarta pada 6 November 2015.

Setelah dilepas dari pesawat, KNKT akan membaca dan menyelidiki isi kotak hitam di Jakarta agar penyebab pasti kecelakaan bisa diketahui. “Black box sudah dilepas dari pesawat. Melihat tipe dan jenis black box, kami yakin KNKT dengan fasilitas yang dimiliki bisa membaca,” ujar investigator KNKT Nur Cahyo Utomo.

Menurut Nur Cahyo, tim dari KNKT perlu melihat lokasi kecelakaan, kondisi pesawat, mengumpulkan data cuaca, melihat kondisi landasan pacu, dan membaca isi kotak hitam sebelum menyimpulkan penyebab kecelakaan. Dia mengatakan proses investigasi memerlukan waktu antara tiga hingga empat bulan. “Penyebab kecelakaan harus segera diketahui dan apabila diperlukan perbaikan supaya diperbaiki, supaya tidak terulang. Mudah-mudahan bisa selesai tiga sampai empat bulan,” tuturnya.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply