AS Kemungkinan Perluas Larangan Laptop di Penerbangan



Amerika Serikat mungkin melarang laptop dari kabin pesawt terbang di semua penerbangan dari dan menuju negara ini sebagai Amerika Serikat mungkin melarang laptop dari kabin pesawat terbang di semua penerbangan masuk dan keluar negara sebagai bagian dari upaya peningkatan untuk melindungi terhadap ancaman keamanan potensial, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS John Kelly mengatakan pada hari Minggu (28/5).

Aljazeera melansir pada Senin (29/5), dalam sebuah wawancara di “Fox News Sunday,” Kelly mengatakan bahwa Amerika berencana untuk “menaikkan standar keamanan penerbangan, termasuk mengencangkan pemutaran item carry-on.

“Itulah yang mereka terobsesi dengan, para teroris, gagasan untuk menjatuhkan pesawat terbang, terutama jika kapal itu adalah kapal induk AS, terutama jika penuh dengan orang-orang AS,” ucap Kelly.

Kelly mengatakan bahwa langkah tersebut akan menjadi bagian dari usaha keamanan maskapai yang lebih luas untuk memerangi apa yang dia sebut “ancaman yang sangat canggih”. Dia mengatakan tidak ada keputusan yang dibuat mengenai waktu larangan apapun.

“Kami masih mengikuti intelijen,” katanya. “Sedang dalam proses menentukan hal ini, tapi kami akan menaikkan standar yang berlaku untuk penerbangan jauh lebih tinggi daripada sekarang.”

Airlines khawatir bahwa pelarangan yang luas pada laptop dapat mengikis permintaan pelanggan. Tapi tidak ada yang menginginkan sebuah insiden di salah satu pesawatnya.

“Apapun yang keluar, kita harus mematuhi,” Oscar Munoz, CEO United Airlines, mengatakan dalam pertemuan tahunan perusahaan tersebut pekan lalu.

Foto: Reuters

Be the first to comment

Leave a Reply