Kementerian Perhubungan Sudah Cabut AOC Empat Maskapai Penerbangan



Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memastikan telah mencabut izin operasional (Air Operator Certificate/AOC) empat maskapai penerbangan. Keempat maskapai penerbangan itu antara lain Survei Udara Penas, Nusantara Buana Air (NBA), Manunggal Air, dan Sky Aviation.

Direktur Keselamatan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan Muhammad Alwi mengatakan bahwa pencabutan izin operasi itu dilakukan karena keempat maskapai penerbangan tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah kepemilikan pesawat sesuai dan memiliki ekuitas negatif. “Semuanya sama, ekuitasnya masih negatif dan tidak memenuhi jumlah kepemilikan pesawat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan,” ujar Alwi.

Menurut Alwi, keempat maskapai penerbangan itu sudah tidak bisa beroperasi lagi setelah AOC dicabut. Jika ingin beroperasi kembali, maskapai penerbangan bisa mengajukan ulang AOC dengan memiliki pesawat dan modal yang cukup. “Kalau mau mengajukan lagi boleh, asal semua dipenuhi,” ungkapnya.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply