Kemenhub Tegaskan Bandara Komodo Tidak akan Dikelola Swasta



Beberapa waktu yang lampau, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menyerahkan pengelolaan sejumlah bandara di Indonesia kepada pihak swasta. Salah satunya adalah Bandara Komodo Labuan Bajo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Namun, sepertinya Kementerian Perhubungan sudah berubah pikiran dan menyatakan tidak akan menyerahkan pengelolaan Bandara Komodo Labuan Bajo kepada pihak swasta. Bandara Komodo Labuan Bajo rencananya memang akan dikembangkan sebagai bandara yang berfungsi untuk menunjang sektor pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Kementerian Perhubungan akan tetap mengelola dan membangun infrastruktur di Bandara Komodo Labuan Bajo agar bandara tersebut bisa didarati oleh pesawat sekelas Airbus A320 atau Boeing 737. “Enggak ah, untuk Kementerian Perhubungan saja,” tegasnya.

Saat Kementerian Perhubungan masih dipimpin oleh EE. Mangindaan, setidaknya ada tiga bandara yang dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan yang ditawarkan untuk dikelola pihak swasta. Ketiga bandara itu antara lain Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, Bandara Komodo Labuan Bajo, dan Bandara Mutiara Palu.

Foto: Efendy Tanuliadi

Be the first to comment

Leave a Reply