Kemenhub Pastikan Indonesia AirAsia dan Indonesia AirAsia X Batal Merger



Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya menghembuskan kabar yang mengatakan bahwa maskapai penerbangan Indonesia AirAsia akan melakukan merger dengan saudaranya, Indonesia AirAsia X, agar terhindar dari pembekuan izin operasi lantaran memiliki ekuitas negatif. Akan tetapi, kini Kementerian Perhubungan memastikan bahwa kedua maskapai penerbangan itu bakal melakukan merger. Apa alasannya?

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengatakan bahwa Indonesia AirAsia sudah mendapatkan suntikan modal dari pemegang saham, sehingga kini ekuitasnya sudah positif. Suntikan modal itu berasal dari pemegang saham domestik (Fersindo Nusaperkasa) dan pemegang saham asing (AirAsia Berhad). “Indonesia AirAsia ekuitasnya sudah positif. Dapat saham dari dalam dan luar negeri dengan komposisi 51:49, memenuhi asas cabotage. Jadi tidak merger,” kata dia.

Sementara itu, Indonesia AirAsia X yang juga mendapatkan ancaman pembekuan izin operasi karena belum memenuhi syarat kepemilikan dan pengoperasian pesawat, sekarang juga sudah memenuhi persyaratan tersebut. Indonesia AirAsia X kini tercatat sudah mengoperasikan sebanyak 10 pesawat.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply