Kemenhub Minta Pemangku Kepentingan Jaga Keselamatan Penerbangan



Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, mengingatkan pada para pemangku kepentingan di penerbangan untuk selalu mengutamakan keselamatan penerbangan.

Mengingat saat ini juga sedang dalam kondisi peak season Lebaran 2017 di mana penerbangan sangat padat dengan adanya ekstra flight dan penambahan jumlah penumpang.

Pesan Agus tersebut disampaikan terkait adanya kecelakaan yang terjadi pada Selasa (30/5) di Ilaga, Papua. Dari data-data yang dilaporkan sementara, kejadian kecelakaan terjadi saat pesawat sedang proses pendaratan dengan cuaca yang cerah.

“Para pemangku kepentingan, baik itu operator (maskapai) penerbangan, bandara, navigasi dan lainnya harus menjaga 3S+1C (safety, security, service and compliance),” ujar Agus.

Secara khusus, Agus berpesan pada para pilot agar lebih berkonsentrasi saat sedang proses menerbangkan pesawat, terutama saat take-off dan landing. Karena banyak kejadian kecelakaan yang terjadi pada periode ini.

“Saat take off dan landing itu adalah saat yang kritis. Jadi pilot harus lebih berkonsentrasi. Walaupun cuaca bagus, kalau kurang konsentrasi bisa juga menyebabkan kecelakaan,” ujar Agus Santoso.

“Untuk para pilot saya pesankan untuk beristirahat dengan cukup dan selalu menjaga kesehatan. Karena pilot adalah ujung tombak keselamatan penerbangan. Pilot yang sehat dan fit diharapkan bisa menerbangkan pesawat dengan selamat sampai tujuan. Keselamatan adalah hal yang utama dalam penerbangan,” lanjuta Agus lagi.

Pagi ini, sekitar pukul 23.21 UTC (08.21 WIT), sebuah pesawat jenis Cessna C-208 Caravan yang dioperasikan oleh maskapai MAF mengalami kecelakaan di Bandara Ilaga, Papua.

Pesawat dengan registrasi PK-MPS tersebut terbang dari Nabire (WABI) menuju Ilaga (WAYL) dengan Pilot In Command (PIC) Pieter Van Dijk. Pesawat membawa muatan kargo dan 4 penumpang yang terdiri dari 3 orang dewasa dan 1 orang anak. Dalam kejadian tersebut, pilot dan seluruh penumpang selamat.

Dari laporan cuaca saat kejadian, angin dalam kondisi calm dengan jarak pandang mencapai 5 km dan cloubbase terlihat setinggi 14.000 feet.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply