Kemenhub Bekukan Izin Rute Ende-Kupang Milik Kalstar Aviation



Menyusul insiden tergelincirnya pesawat Embraer E195 milik Kalstar Aviation yang sedang mengoperasikan penerbangan KD676 di Bandara El Tari Kupang, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan membekukan sementara izin rute penerbangan Ende-Kupang yang dioperasikan oleh Kalstar Aviation.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Yusfandri Gona mengatakan bahwa rute penerbangan Ende-Kupang milik Kalstar Aviation ditutup untuk sementara waktu sampai hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) keluar. “Pak Menteri Perhubungan (Ignasius Jonan) memimpin rapat bersama Dirjen (Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo), sudah rapat dan memutuskan bahwa rute Kalstar dari Ende tujuan Kupang ditutup sementara sampai hasil investigasi dari KNKT selesai,” ujarnya.

Yusfandri menuturkan, selain memberikan sanksi kepada maskapai penerbangan, Kementerian Perhubungan juga memberikan sanksi kepada pilot dalam penerbangan tersebut. Sanksi yang diberikan kepada pilot berupa larangan terbang selama 90 hari. “Tentunya juga dengan korektif-korektifnya yang sudah ditindaklanjuti dan itu adalah bentuk sanksi yang telah dijatuhkan kepada Kalstar,” papar dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply