Kalstar Aviation Klaim Rugi Puluhan Miliar Akibat Kabut Asap



Kabut asap yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, terutama Sumatera dan Kalimantan, membuat maskapai penerbangan membatalkan operasional penerbangannya lantaran jarak pandang yang minim. Hal itu tentu saja merugikan maskapai penerbangan.

Maskapai penerbangan Kalstar Aviation misalnya, mengklaim telah mengalami kerugian puluhan miliar selama dua bulan terakhir karena telah membatalkan sekitar 1.000 penerbangan dengan total 120.000 penumpang. “Kerugiannya sampai puluhan miliar. Kami tidak bisa menyebutkan berapa nilainya,” ungkap Manajer Marketing Kalstar Aviation Mochamad Zainuddin.

Menurut Zainuddin, setidaknya ada 13 kota di Kalimantan yang terkendala kabut asap, sehingga perusahaan harus menunda atau bahkan membatalkan penerbangan, di antaranya Pontianak, Putussibau, Ketapang, Sintang, Balikpapan, Samarinda, Melak, Tanjung Selor, Tarakan, Malinau, Banjarmasin, Pangkalan Bun, dan Sampit. “Sampai sekarang Sampit itu sudah satu bulan tidak terbang karena jarak pandangnya paling tinggi 100-200 meter. Ketapang juga demikian, Sintang juga demikian,” ungkapnya.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply