Kalstar Aviation Kantongi Izin Terbang ke Kabupaten Tabalong



Maskapai penerbangan Kalstar Aviation diperkirakan akan segera mengoperasikan rute penerbangan yang menghubungkan antara Banjarmasin dan Tanjung di Kabupaten Tabalong. Saat ini Kalstar Aviation sudah mendapatkan izin terbang ke Tabalong dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Warukin Tanjung Ady Fajar mengatakan bahwa saat ini pihaknya tinggal menunggu kesiapan dari Kalstar Aviation lantaran izin sudah dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. “Izin rute penerbangan untuk Kalstar Aviation dari Kementerian Perhubungan sudah keluar dengan tujuan Tanjung-Banjarmasin. Selanjutnya tinggal menunggu kesiapan maskapai untuk bisa mengaktifkan Bandara Warukin,” kata Ady Fajar.

Menurut Adu, Bandara Warukin dengan panjang landasan pacu mencapai 1.400 meter sudah siap menerima operasional penerbangan pesawat ATR 42 atau ATR 72 milik Kalstar Aviation. “Kegiatan penambalan landasan pacu sudah dilakukan oleh PT Adaro Indonesia, termasuk perbaikan pagar dan jalan samping ke Desa Rintis oleh PT Pertamina,” ujarnya.

Seperti diketahui, Bandara Warukin sebelumnya merupakan bandara khusus yang dikelola oleh PT Adaro Indonesia selaku operator. Namun, mulai Desember 2014, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Tabalong ke-49, Bandara Warukin berubah statusnya menjadi bandara umum yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Foto: ATR

Be the first to comment

Leave a Reply