Kalstar Aviation Berencana Hubungkan Kotabaru dan Makassar



Maskapai penerbangan yang lebih banyak beroperasi di wilayah Kalimantan, Kalstar Aviation, berencana membuka rute penerbangan baru yang menghubungkan antara Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, dengan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Rencana pembukaan rute baru Kalstar Aviation ini diungkapkan oleh Kepala Bandara Syamsir Alam Stagen Haryanto.

Haryanto menuturkan, Kalstar Aviation kini sedang dalam proses pengurusan izin terbang dari Kotabaru ke Makassar. Kemungkinan rute penerbangan Kotabaru-Makassar baru efektif dioperasikan mulai 18 November 2015 menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi. “Saat ini manajemen Kalstar tengah mengurus izin dari Kementerian Perhubungan dan di bandara-bandara yang akan disinggahi,” ujarnya.

Menurut Haryanto, dengan pembukaan rute penerbangan Kotabaru-Makassar oleh Kalstar Aviation, maka rute penerbangan itu akan dioperasikan oleh dua maskapai penerbangan sekaligus. Selama ini rute penerbangan Kotabaru-Makassar sudah dioperasikan oleh anak perusahaan Lion Group, Wings Air, yang juga menggunakan pesawat ATR 72.

Sementara itu, untuk rute penerbangan Kotabaru-Surabaya yang sudah dihentikan sejak tiga bulan lalu, belum ada lagi maskapai penerbangan yang tertarik untuk mengoperasikannya. “Persoalannya, jumlah penumpang tujuan Surabaya atau sebaliknya masih kurang dari standar minimal, sehingga maskapai menghentikan penerbangan rute Kotabaru-Surabaya dihentikan hingga belum ditentukan kapan dibuka kembali,” papar dia.

Foto: ATR

Be the first to comment

Leave a Reply