Jumlah Penumpang AP I dan AP II Tumbuh 14,21 Persen



Dari periode yang sama tahun lalu, sepanjang Januari-September 2016, jumlah penumpang angkutan udara yang dilayani PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II tumbuh 14,21 persen atau mencapai 132,72 juta penumpang, .

Dari total penumpang tersebut, Angkasa Pura II melayani sebanyak 69,66 juta penumpang dengan kontribusi 52,48 persen. Sementara, Angkasa Pura I menyumbang sebanyak 63,05 juta penumpang, atau sekitar 47,51%.

Namun, laju pertumbuhan penumpang yang diangkut Angkasa Pura I justru lebih tinggi, yakni sekitar 17 persen meski Angkasa Pura II melayani penumpang lebih banyak. Adapun, Angkasa Pura II hanya mencatatkan pertumbuhan sekitar 12 persen.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan peningkatan jumlah penumpang yang dilayani perseroan tersebut sejalan dengan dibukanya rute-rute baru, seperti di Bandara Adisumarmo Solo dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Adisumarmo menjadi bandara dengan pertumbuhan penumpang domestik tertinggi, yakni 53%. Sementara Sam Ratulangi mencatatkan pertumbuhan penumpang internasional tertinggi, yakni 77% karena didorong penerbangan carter,” katanya.

Selain mendorong pembukaan rute-rute baru, lanjut Israwadi, Angkasa Pura I juga berupaya meningkatkan arus lalu lintas penumpang dengan mendukung berbagai kegiatan pariwisata di lokasi bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Kegiatan tersebut antara lain program Colaborative Destination Development (CDD) dan Airport Running Series (ARS). Adapun, pada tahun ini, ARS telah digelar di lima bandara seperti Sam Ratulangi, Lombok, Adi Sumarmo, El Tari Kupang dan Pattimura Ambon.

“Kami gandeng stakeholders di bidang pariwisata, seperti pemerintah daerah, maskapai, PHRI , ASITA , komunitas, dan masyarakat umum,” tuturnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com