Jonan Bakal Cabut Lisensi Pilot yang Gunakan Narkoba



Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan dipastikan akan mencabut lisensi pilot yang terbukti menggunakan narkoba, menyusul ditangkapnya tiga orang kru maskapai penerbangan Lion Air, salah satunya pilot, yang sedang pesta sabu dan ganja di sebuah apartemen di Tangerang, Banten. “Kalau memang terbukti laporan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) itu, misalnya kokpit kru A memang mengkonsumsi narkoba, cabut izinnya,” ujar Jonan.

Jonan menuturkan, pencabutan lisensi pilot itu semata-mata demi keamanan dan keselamatan penerbangan. Kini Kementerian Perhubungan sedang menunggu informasi lebih lanjut dari BNN terkait dengan ulah para kru maskapai penerbangan yang terlibat narkoba. “Kita cabut langsung. Nggak akan diterbitkan lagi. Kalau narkoba ya. Kami sendiri belum tahu ini siapa ini,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tiga kru maskapai penerbangan Lion Air yang ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, yaitu SH (34) sebagai pilot yang sedang menjalani pelatihan di Lion Air, MT (23) seorang pramugara, dan SR (20) pramugari. Bersama ketiga orang itu ditangkap pula ibu rumah tangga dengan inisial NN (33) yang positif menggunakan narkoba.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply