JD Indonesia dan Citilink Jalin Aliansi Strategis



Petugas keberangkatan Citilink Indonesia sedang memeriksa identitas penumpang. Foto: RMS.

JD Indonesia (JD.ID) melakukan kerjasama bisnis dengan Citilink Indonesia. Kesepakatan kerjasama ditandatangani di Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017. Kerjasama ini meliputi, kolaborasi perdagangan online dalam penerbangan nasional serta beragam bentuk program co-marketing yang dapat memberikan berbagai manfaat tambahan untuk pelanggan kedua pihak.

“Apa yang JD.ID lakukan selama ini bertujuan untuk membuat pengalaman berbelanja online menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan buat setiap pelanggannya, dan ini sejalan dengan kolaborasi bersama Citilink Indonesia,” kata President Director JD.ID Zhang Li dalam sambutannya pada acara penandatangan nota kesepahaman (MoU) kolaborasi e-commerce JD.ID dan Citlink Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, kerjasama ini diharapkan memberikan nilai tambah dari setiap penerbangan Citilink Indonesia. Pengalaman berbelanja secara online dalam penerbangan kiranya dapat menjadi suatu pengalaman unik tersendiri yang bisa dirasakan penumpang.

“Dinamisnya industri penerbangan membutuhkan inovasi-inovasi seperti ini sehingga menjadi faktor pembeda sekaligus memperkuat posisi Citilink Indonesia di sektor ini. Kolaborasi ini memang sudah saatnya terlebih bila melihat jumlah pemain bisnis e-commerce di Indonesia tumbuh dengan pesat,” kata Juliandra.

Data BPS tahun 2016 menunjukkan industri e-commerce dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17 persen dengan total sekitar 26,2 juta usaha. Dengan kata lain, Citilink Indonesia berharap terobosan bisnis ini bisa memberi pengalaman unik bagi penumpang dan pelanggan Citilink.

Dalam piagam kerjasama itu disebutkan antara lain berntuk kerjasama yang akan dijalankan dalam tiga fase. Program diawali tanggal 31 Agustus 2017 dalam bentuk diskon spesial khusus untuk para penumpang Citilink. Penumpang Citilink akan menerima voucher diskon khusus untuk berbelanja di JD.ID jika membeli tiketnya di website resmi Citilink Indonesia. Konsumen juga dapat memilih apakah produknya akan diantar langsung ke rumah, diambil di booth Citilink Indonesia di bandara, atau diberikan saat berada di kabin pesawat.

Bentuk kerja sama yang ditawarkan akan terus berkembang. Beragam penawaran mulai dari pre-flight, inflight, sampai post-flight experience. Untuk pre-flight experience, homepage khusus yang berisi katalog produk-produk unggulan akan hadir di website JD.ID dan juga website Citilink. Di in-flight experience, penumpang dapat berbelanja produk JD.ID di katalog yang ada di dalam pesawat dan  penumpang bisa mendapatkan produk tersebut di bandara saat mendarat.

Sedangkan untuk post-flight, kepada penumpang ditawarkan  beragam manfaat menarik seperti loyalty program dan airport lounge khusus dimana pelanggan  dapat menukarkan JD Points yang mereka miliki dengan Supergreen Garuda Miles.

Be the first to comment

Leave a Reply