Irkut MC-21 Sukses Laksanakan Penerbangan Perdana



Pada Minggu (28/5), penerbangan perdana pesawat MC-21-300 dilaksanakan di bandara di Irkutsk Aviation Plant yang berafiliasi dengan Irkut Corporation. Durasi penerbangan perdana sekitar 30 menit di ketinggian 1000 meter dengan kecepatan 300 kilometer per jam.

Rencana penerbangan termasuk memeriksa in-flight stability dan controllability, dan juga pengendalian power plant. Selama penerbangan dilakukan landing approach, dilanjutkan dengan penerbangan di atas runway, climbing dan turning. Teknik ini merupakan tipikal untuk penerbangan perdana jenis pesawat baru. Penerbangan perdana ini dikemudikan oleh test pilot Oleg Kononenko dan copilot Roman Taskayev.

“Hari ini adalah hari bersejarah personil kami dan seluruh tim besar, yang bekerja untuk menciptakan pesawat MC-21. Kami menerapkan solusi teknis yang paling canggih di pesawat terbang kami, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dan karakteristik ekonomi yang menarik bagi maskapai penerbangan,” ucap Oleg Demchenko, President of Irkut Corporation.

“Saya senang mengumumkan penerbangan perdana pesawat MC-21 telah berhasil diselesaikan,” tambah Demchenko.

Yury Slyusar, President of United Aircraft Corporation (UAC) menekankan, MC-21 diciptakan dengan kerja sama yang luas, di mana bersama Irkut, perusahaan lain dari United Aircraft Corporation berpartisipasi secara aktif, yaitu perusahaan Aerocomposite, Ulyanovsk dan Voronezh Pabrik pesawat terbang, Integrasi UAC Integration Center di Moskow.

“Menurut perkiraan kami, permintaan glonal di segmen MC-21 akan menjadi sekitar 15.000 pesawat baru dalam 20 tahun ke depan. Saya yakin maskapai penerbangan akan mengapresiasi pesawat baru kami,” kata Slyusar.

MC-21-300 memiliki kapasitas sebanyak 163 hingga 211 penumpang. Untuk pertama kalinya dalam sejarah pabrikan pesawat terbang di Rusia, terdapat dua opsi mesin yang ditawarkan kepada pelanggan, yaitu PW1400G buatan Pratt & Whitney dari Amerika Serikat, dan PD-14 United Engine Corporation dari Rusia. Fitur mesin generasi baru mengurangi konsumsi bahan bakar, kebisingan ya rendah dan emisi berbahaya. Irkut mengklaim, MC-21 memenuhi persyaratan lingkungan yang prospektif.

Portofolio awal pesanan perusahaan untuk 175 pesawat MC-21 menyediakan utilisasi kapasitas produksi di tahun-tahun mendatang. Semua kontrak perusahaan sudah dibayar dimuka.

Foto: United Aircraft Corporation

1 Comment

Leave a Reply