Iran Air Tunjuk CEO Perempuan Pertama



Perempuan pertama CEO Iran Air Farzaneh Shrafbafi. Foto: ATW/Iran Air

Air Transport World (ATW) melaporkan Iran Air telah menunjuk Farzaneh Shrafbafi sebagai CEO perempuan pertama. Hal itu, tulis ATW, telah dikonfirmasi oleh  Outgoing Iran Air chairman and MD, Farhad Parvaresh.

“Ny. Shrafbafi merupakan perempuan pertama yang akan memimpin Iran Air. Ia sekarang adalah pemimpin perusahaan dan akan menjadi CEO setelah menjalani formalitas sebulan ke depan,” kata Parvaresh seperti dikutip ATW.

Shrafbafi sendiri bukan orang baru dalam bidang penerbangan. Ia memegang gelar PhD dalam bidang teknis aerospace dan sebelumnya duduk sebagai salah satu direktur di Iran Air.

Menurut kantor berita Associated Press, Presiden Iran Hassan Rouhani yang terpilih kembali pada awal tahun ini telah membolehkan perempuan duduk dalam berbagai jabatan manajemen yang sebelumnya tabu dilakukan.

Parvaresh yang akan segera mengundurkan diri mengatakan, ia akan meninggalkan Iran Air untuk mengisi posisi di ICAO. “Saya akan menerima tanggung jawab sebagai Perwakilan Tetap Republik Islam Iran di ICAO di Montreal,” kata Parvaresh.

Iran Air yang didirikan tahun 1940  menerbangkan satu juta penumpang internasional, dan tiga juga penumpang domestik per tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply