Ini Permintaan Kemenhub Jika Ingin Pondok Cabe Jadi Bandara Komersial



Pertamina, pemilik Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan, telah melakukan kerjasama dengan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk mengubah status bandara itu dari bandara khusus menjadi bandara komersial. Garuda Indonesia setidaknya akan mengoperasikan delapan rute penerbangan dari Bandara Pondok Cabe dengan total 25 penerbangan dalam sehari.

Akan tetapi, Bandara Pondok Cabe yang kini dikelola oleh anak usaha Pertamina, Pelita Air Service, belum mengantongi izin sebagai bandara komersial. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan meminta kepada pemilik/pengelola untuk segera mengajukan proposal izin operasional Bandara Pondok Cabe menjadi bandara komersial.

Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan bahwa jika memang ingin menjadikan Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial, Pertamina harus mengajukan proposal yang dilengkapi dengan kajian ruang udara. Sama seperti yang dilakukan oleh Lion Group dan Maja Raya Indah Semesta (MRIS) ketika mengajukan izin pembangunan Bandara Lebak.

Menurut dia, kalau memang kajian ruang udara yang diserahkan bisa meyakinkan Kementerian Perhubungan bahwa operasional penerbangan benar-benar aman, maka Kementerian Perhubungan tidak akan segan-segan memberikan izin penerbangan komersial di Bandara Pondok Cabe. “Jadi mereka harus ajukan proposal kepada kami, dengan kajiannya juga. Nanti akan kami lihat, sepanjang bisa meyakinkan kami terkait safety, ya kami akan beri izin,” papar dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply