Ini Kronologis Lengkap Insiden Senggolan Boeing 777-300ER Garuda



Dua pesawat Boeing 777-300ER dengan registrasi PK-GIC dan PK-GIE milik maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia saling bersenggolan di area parkir hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia kawasan Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Kamis (3/12/2015) siang. Akibatnya, ujung sayap kedua pesawat mengalami kerusakan.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny Siga Butarbutar kemudian memberikan penjelasan lengkap mengenai insiden tersebut. Pertama, Garuda Indonesia menegaskan bahwa insiden senggolan kedua pesawat tidak terjadi di terminal operasional bandara, melainkan di area parkir hanggar GMF dan hal itu tidak mengganggu operasional penerbangan Garuda Indonesia.

Kedua, insiden senggolan terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di hanggar GMF ketika salah satu pesawat yang sedang ditarik ke GMF dari apron menyenggol pesawat lainnya yang sedang terparkir di wilayah hanggar empat. Ketiga, ketika senggolan terjadi, kedua pesawat sedang dalam proses menjalani perawatan rutin dna tidak membawa penumpang.

Keempat, akibat senggolan itu ujung sayap (wingtip) pesawat mengalami robek kecil dan saat itu juga langsung ditangani oleh teknisi GMF yang sudah terlatih dan sesuai dengan standar Boeing. Karena hal itu merupakan kerusakan ringan, maka perbaikan hanya memerlukan waktu 15 jam. Terakhir, Garuda Indonesia akan melakukan investigasi kejadian tersebut sebagai langkah korektif terhadap sebuah insiden dan agar mendapatkan pola penanganan yang tepat dan segera secara tercatat.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply