Ini Bukan Film. Harrison Ford Mendaratkan Pesawatnya di Taxiway



Harris Ford, aktor terkenal berusia 74 tahun itu, diberitakan telah salah mendaratkan pesawatnya. Semestinya ia mendarat di runway 20L, namun yang terjadi ia mendarat di taxiway yang sejajar dengan runway itu. Insiden itu terjadi di  John Wayne Airport, di Orange County, California, 14 Februari 2017.

Kasus salah mendarat Harrison Ford ini  rupanya juga melibatkan sebuah Boeing 737 American Airlines yang “tak tahu apa-apa”. Boeing 737 itu dalam kondisi berhenti dan sedang bersiap untuk tinggal landas dari runway tempat Harrison Ford seharusnya mendarat.

Menurut sebuah laporan, disebutkan Harrison Ford yang sempat mengalami  beberapa kali kecelakaan pesawat, telah memperoleh izin mendaratkan pesawat  Husky di runway 20L Bandara John Wayne. Ia juga sempat mengulangi perintah petugas pengatur lalu lintas udara yang menanganinya, sebagai bukti bahwa Ford memahami perintah petugas. Namun yang terjadi, Ford justru terbang di atas Boeing 737 yang berada di ujung taxiway dan mendaratkan pesawatnya di belakang 737 itu.

“Pilot telah mengulangi perintah yang benar,” kata sebuah pernyataan Federal Aviation Administration (FAA). “Pilot kemudian mendarat di taxiway yang sejajar dengan runway, setelah terbang di atas Boeing 737 yang sedang berhenti sebelum memasuki   runway.” Insiden ini kini sedang diselidiki oleh FAA. Namun FAA tidak menyebutkan nama pilot pesawat yang oleh NBC diidentifikasi sebagai Harrison Ford.

Harrison Ford sendiri selain berprofesi sebagai aktor, juga merupakan seorang penerbang berpengalaman. Ia mengkoleksi sejumlah pesawat tua (vintage). Ia beberapa kali juga sempat telibat dalam kecelakaan pesawat. Yang paling serius terjadi pada tahun 2015. Ketika itu ia sedang menerbangkan pesawat zaman Perang Dunia II dan jatuh di lapangan golf di Santa Monica akibat kerusakan mesin.

Hingga kini belum ada berita mengenai sanksi apa yang akan dikenakan kepada Harrison Ford. Walau Ford telah mendarat dengan selamat, dan 737 American Airlines itu pun tinggal landas dengan aman, Ford bisa saja dikenakan sanksi ringan berupa peringatan, hingga pembekuan lisensi pilotnya. FAA hanya menyatakan telah mengetahui insiden serius itu dan telah melaporkannya kepada NTSB.

Foto: Lucy Nicholson / Reuters

Be the first to comment

Leave a Reply