Ini Berbagai Keunikan Maskapai Penerbangan Syariah, Rayani Air



Rupanya tidak hanya dunia perbankan saja yang mengusung konsep syariah. Rayani Air, sebuah maskapai penerbangan asal Malaysia yang baru-baru ini diluncurkan juga menggunakan konsep yang sama. Meskipun bukan yang pertama di dunia, namun keberadaan maskapai penerbangan syariah memang masih sangat langka. Khusus untuk di Malaysia, Rayani Air menjadi maskapai penerbangan pertama yang mengusung konsep syariah. Lalu, apa perbedaan Rayani Air dengan maskapai penerbangan lainnya?

Sebagai maskapai penerbangan syariah, tentu saja dalam layanannya Rayani Air menggunakan prinsip-prinsip syariah atau hukum islam, di antaranya untuk pramugari muslim wajib mengenakan hijab, sedangkan pramugari non-muslim wajib mengenakan pakaian yang sopan. Selain itu, maskapai penerbangan ini tidak menyediakan minuman beralkohol yang umum ada di dalam penerbangan komersial lain.

Sebagai maskapai penerbangan full service, Rayani Air memberikan makanan dan minuman secara gratis kepada penumpang. Menu makanan yang disediakan yaitu muffin, jus buah, dan kacang, yang tentu saja semuanya halal. Keunikan lainnya adalah sebelum lepas landas penumpang akan didengarkan lantunan doa melalui pengeras suara yang ada di dalam pesawat.

Untuk sementara waktu, maskapai penerbangan yang mengambil hub di pulau wisata Langkawi ini baru mengoperasikan dua rute penerbangan dari Kuala Lumpur ke Langkawi dan Kota Baru. Nantinya rute-rute domestik Rayani Air akan terus bertambah seperti menuju Kota Kinabalu, Kuching, dan Penang, dan serta tidak menutup kemungkinan membuka layanan penerbangan internasional di masa yang akan datang. Dalam operasionalnya, Rayani Air mengoperasikan pesawat Boeing 737-400 dengan usia lebih dari 20 tahun.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply