Ini Alasan Mengapa Penumpang Harus Gunakan Sabuk Keselamatan



Gunakan seat belt saat penerbangan.

Apa alasan sebenarnya penumpang pesawat harus mematuhi aturan lampu tanda mengenakan sabuk keselamatan selama penerbangan? Yaitu melindungi keselamatan dan mencegah terjadinya risiko cidera serius saat terjadinya turbulensi. Selain itu, untuk menjaga posisi tubuh agar tetap berada di kursi pesawat ketika proses lepas landas maupun pendaratan.

Penumpang pesawat diharuskan untuk memperhatikan posisi pemakaian sabuk keselamatan yang benar, yaitu sejajar dengan pangkal paha, atau tepatnya di atas bagian pinggul. Selain itu, juga harus memperhatikan pemeragaan keselamatan penerbangan oleh awak kabin pesawat, di mana salah satunya memperagakan cara memasang maupun melepas sabuk keselamatan yang terdapat di kursi pesawat.

Selama proses lepas landas maupun pendaratan, lampu tanda mengenakan sabuk keselamatan dalam keadaan menyala, artinya para penumpang tidak diperbolehkan untuk tidak mengenakan atau melepaskan sabuk keselamatan pada proses lepas landas maupun pendaratan. Setelah lepas landas, lampu tanda mengenakan sabuk keselamatan biasanya dimatikan, namun awak kabin pesawat tetap menganjurkan para penumpang yang berada di kursi pesawat untuk tetap mengenakan sabuk keselamatan selama penerbangan.

Namun, jika pesawat memasuki cuaca yang tidak bersahabat, di mana biasanya akan terjadi turbulensi, pilot segera menyalakan lampu tanda mengenakan sabuk keselamatan dan meminta para penumpang yang tidak berada di kursi pesawat untuk kembali ke tempat duduknya dan mengenakan sabuk keselamatan sesegera mungkin. Hal ini untuk keselamatan para penumpang pesawat itu sendiri. Hal ini dikarenakan pada saat turbulensi, pesawat akan bergoyang tidak stabil, maka akan sangat berbahaya bagi penumpang yang tidak duduk dan mengenakan sabuk keselamatan pada kursi pesawat.

Banyak orang yang berasumsi pada saat terjadi turbulensi, posisi pesawat akan terangkat ke udara. Ini merupakan informasi yang kurang tepat. Ketika terjadi turbulensi pesawat justru akan turun tiba-tiba. Sehingga memungkinkan kepala penumpang terbentur ke langit-langit pesawat yang mungkin dapat mengakibatkan cidera serius pada bagian kepala. Hal inilah mengapa sabuk keselamatan dipasang sejajar dengan pangkal paha, untuk menahan agar tubuh tidak terlempar saat terjadi turbulensi.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply