Indonesia AirAsia X Telah Operasikan 10 Pesawat



Maskapai penerbangan berbiaya rendah Indonesia AirAsia X sudah memen persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengoperasikan sebanyak 10 pesawat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.

AirAsia X Berhad selaku salah satu pemegang saham Indonesia AirAsia X mengatakan dalam keterbukaan informasi di Bursa Malaysia bahwa dalam regulasi di Indonesia mewajibkan seluruh maskapai penerbangan niaga berjadwal untuk mengoperasikan sedikitnya 10 pesawat, dengan lima di antaranya berstatus milik.

Perusahaan penerbangan berbiaya rendah yang fokus melayani rute jarak menengah hingga jarak jauh dari Malaysia itu menuturkan, terhitung 28 September 2015, Indonesia AirAsia X sudah menambah delapan pesawat, sehingga kini secara total mengoperasikan sebanyak 10 pesawat. Pesawat itu terdiri dari dua Airbus A330-300 dan delapan Airbus A320.

“Dengan langkah ini, Indonesia AirAsia X berkomitmen menyediakan pelayanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dan terus melanjutkan dukungan terhadap industri pariwisata di Indonesia, Australia, dan negara lain yang diterbangi Indonesia AirAsia X,” kata AirAsia X Berhad.

Sementara itu, Presiden Direktur Indonesia AirAsia X Dendy Kurniawan sangat mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah mendampingi Indonesia AirAsia X sehingga mampu memenuhi regulasi yang sudah ditetapkan. “Kami sangat mengapresiasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang terus memberikan dukungan dan pendampingan selama proses pemenuhan kepemilikan pesawat. Kami berkomitmen terus memperluas jaringan kami untuk mendukung industri penerbangan dan industri pariwisata di Indonesia,” ungkap Dendy.

Indonesia AirAsia X saat ini mengoperasikan lima penerbangan mingguan dari Bali menuju Melbourne. Pada 17 Oktober 2015, Indonesia AirAsia X akan meluncurkan layanan penerbangan lima kali seminggu antara Bali dan Sydney. Selain itu, perusahaan juga akan kembali meluncurkan rute penerbangan umroh menuju Jeddah pada Desember 2015 atau setelah musim haji selesai.

Di samping mengoperasikan rute penerbangan jarak menengah hingga jarak jauh menggunakan pesawat Airbus A330-300, Indonesia AirAsia X juga melayani penerbangan jarak pendek menggunakan pesawat Airbus A320 pada rute-rute seperti dari Surabaya menuju Jakarta, Denpasar, Kuala Lumpur, dan lain sebagainya, mengambil alih beberapa rute penerbangan yang sebelumnya dilayani oleh Indonesia AirAsia.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply