Indonesia AirAsia X Sudah Penuhi Syarat Kepemilikan Pesawat



Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia sempat terancam pembekuan izin operasional lantaran belum memenuhi syarat kepemilikan dan pengoperasian pesawat. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, maskapai penerbangan niaga berjadwal wajib mengoperasikan minimal 10 pesawat, dengan rincian minimal lima pesawat berstatus milik dan sisanya boleh berstatus sewa.

Kini Indonesia AirAsia X sudah terbebas dari ancaman pembekuan izin operasional karena sudah memenuhi persyaratan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo. “Indonesia AirAsia Extra kepemilikan pesawatnya sudah terpenuhi. Sebelumnya punya lima pesawat lalu nambah lima pesawat, jadi punya 10 pesawat. Memenuhi syarat,” ujarnya.

Indonesia AirAsia X merupakan afiliasi dari maskapai penerbangan AirAsia X di Indonesia. Awalnya Indonesia AirAsia X dibentuk untuk fokus melayani rut penerbangan jarak menengah hingga jarak jauh dari Indonesia dengan pesawat Airbus A330-300. Namun kini Indonesia AirAsia X juga mengoperasikan rute penerbangan jarak pendek menggunakan pesawat Airbus A320.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply