Indonesia AirAsia X Kembali Luncurkan Rute Jakarta-Jeddah



Maskapai penerbangan berbiaya rendah yang fokus melayani rute jarak menengah hingga jarak jauh, Indonesia AirAsia X, kembali mengopersikan rute penerbangan Jakarta-Jeddah mulai hari ini, Senin (14/12/2015). Layanan penerbangan ini dibuka dengan target para jamaah umroh asal Indonesia yang ingin melakukan ibadah ke tanah suci.

Sebelumnya Indonesia AirAsia X pernah mengoperasikan rute penerbangan Jakarta-Jeddah, namun ditutup untuk sementara waktu karena musim haji dimulai. Penerbangan Jakarta-Jeddah baru dimulai kembali ketika musim haji telah selesai, dan kini Indonesia AirAsia X mengoperasikan rute penerbangan ini dengan frekuensi sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni pada Senin dan Rabu.

Khusus untuk keberangkatan hari Senin, penerbangan XT0970 sesuai jadwal berangkat pada pukul 01.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan mendarat di Jeddah pada pukul 07.30 waktu setempat, sedangkan penerbangan XT0971 dijadwalkan berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 09.30 waktu setempat dan tiba kembali di Jakarta pada pukul 23.30 WIB.

Sementara itu, pada hari Rabu rute Jakarta-Jeddah dioperasikan dengan nomor penerbangan XT0974 dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 05.00 WIB dan tiba di Jeddah pukul 11.30 waktu setempat, sementara rute sebaliknya dioperasikan dengan nomor penerbangan XT0975 yang berangkat dari Jeddah pukul 13.00 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 03.00 WIB keesokan harinya. Seluruh penerbangan akan dioperasikan dengan pesawat Airbus A330-300 berkapasitas 377 kursi, terdiri dari 12 kursi kelas premium dan 365 kursi kelas ekonomi.

Selain rute penerbangan Jakarta-Jeddah, Indonesia AirAsia X juga melayani dua rute penerbangan internasional lainnya, yaitu Denpasar-Melbourne dan Denpasar-Sydney. Kedua rute penerbangan itu dilayani masing-masing lima kali dalam seminggu menggunakan pesawat yang sama, Airbus A330-300.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply