Indonesia AirAsia X Akan Operasikan Tiga Pesawat Hingga Akhir 2015



Indonesia AirAsia X, perusahaan penerbangan yang merupakan afiliasi dari AirAsia X di Indonesia, berencana mengoperasikan tiga pesawat Airbus A330-300 pada akhir tahun 2015. Kini Indonesia AirAsia X baru mengoperasikan dua pesawat Airbus A330-300 untuk melayani tiga rute penerbangan, yaitu Denpasar-Taipei, Denpasar-Melbourne, dan Jakarta-Jeddah.

Mulai Oktober 2015, maskapai penerbangan berbiaya rendah yang identik dengan warna merah itu juga akan meluncurkan rute penerbangan baru yang menghubungkan antara Denpasar dan Sydney. Langkah itu untuk mewujudkan target perusahaan yang ingin mengangkut sebanyak 280.000 penumpang hingga akhir tahun nanti.

Sebenarnya Indonesia AirAsia X sudah memenuhi ketentuan dari pemerintah yang mewajibkan maskapai penerbangan berjadwal mengoperasikan minimal 10 pesawat, dengan rincian setidaknya lima pesawat berstatus milik dan lima pesawat lainnya boleh berstatus sewa. Dari 10 pesawat itu, dua pesawat merupakan Airbus A330-300, sedangkan delapan pesawat lainnya bertipe Airbus A320-200. Namun, untuk delapan pesawat Airbus A320-200 ini sekarang dipinjamkan kepada afiliasi AirAsia Group lainnya di Indonesia, yaitu Indonesia AirAsia.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply