Indonesia AirAsia Tidak Keberatan Aturan Pembatasan Usia Pesawat Direvisi



Kementerian Perhubungan berencana merevisi aturan terkait dengan pembatasan usia pesawat yang beroperasi di Indonesia. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan KM 5 Tahun 2006 tentang peremajaan pesawat udara, pesawat yang pertama kali didaftarkan (masuk) dan beroperasi di Indonesia maksimal berusia 20 tahun atau memiliki 50.000 cycle (jumlah pendaratan). Sementara itu, batas maksimal usia pesawat yang boleh beroperasi di Indonesia adalah 35 tahun atau setara dengan 70.000 cycle.

Dalam peraturan yang baru, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan membatasi usia pesawat yang pertama kali didaftarkan atau pertama kali beroperasi di Indonesia tidak boleh lebih dari 10 tahun, sedangkan usia maksimal pesawat yang diizinkan adalah 30 tahun.

Menanggapi rencana aturan baru ini maskapai penerbangan Indonesia AirAsia tidak keberatan. Pasalnya, armada pesawat yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia merupakan salah satu yang termuda di Indonesia dengan rata-rata berusia empat tahun. “Kita tidak ada masalah karena pesawat kita relatif baru,” kata Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko.

Foto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply