Indonesia AirAsia Hanya Sediakan Extra Flight untuk Satu Rute



Sejumlah maskapai penerbangan berlomba-lomba mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) untuk memenuhi permintaan penumpang yang melonjak pada liburan akhir tahun. Namun, hal itu tidak berlaku untuk perusahaan penerbangan berbiaya rendah Indonesia AirAsia. Pada akhir tahun ini, Indonesia AirAsia hanya akan menyediakan penerbangan tambahan untuk satu rute saja, yaitu Denpasar-Yogyakarta dari satu kali sehari menjadi dua kali sehari.

Direktur Niaga Indonesia AirAsia Andy Adrian Febriyanto mengatakan bahwa perusahaan tidak menyediakan banyak penerbangan tambahan karena kondisi pasar sedang lesu. Selain itu, kata Andy, kapasitas kursi penerbangan reguler yang disediakan oleh Indonesia AirAsia saat ini sudah cukup untuk menampung lonjakan jumlah penumpang. “Kami menyesuaikan armada dan kondisi market yang ada,” ujarnya.

Andi menuturkan, jumlah penumpang di musim liburan akhir tahun tidak sebesar jumlah penumpang di musim libur Lebaran, sehingga perusahaan tidak jor-joran dalam mengumbar penerbangan tambahan. Dia juga mengatakan bahwa bekalangan ini terjadi perubahaan kebiasaan penumpang. Jika sebelumnya penumpang Indonesia AirAsia dan AirAsia Group gemar membeli tiket jauh-jauh hari, kini kebanyakan penumpang lebih memilih membeli tiket tidak lama menjelang hari keberangkatan. Hal ini khususnya terjadi di rute-rute penerbangan AirAsia Group. “Orang-orang sepertinya menunggu ada pengaruh ke forex,” kata dia.

Foto: AirAsia

Be the first to comment

Leave a Reply