Indonesia AirAsia akan Pangkas Rute Domestik Hingga 30 Persen



Maskapai penerbangan berbiaya rendah Indonesia AirAsia akan kembali memangkas rute-rute penerbangan domestik yang dimilikinya hingga 30 persen dari total kapasitas. Padahal, saat ini rute penerbangan domestik Indonesia AirAsia hanya mencapai 35 persen. Dengan demikian, Indonesia AirAsia akan lebih fokus dalam mengembangkan rute-rute penerbangan internasional.

Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko mengatakan bahwa langkah itu diambil perusahaan karena nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat cenderung melemah. Dengan memperbanyak rute penerbangan internasional, perusahaan bisa berpeluang mendapatkan mata uang asing yang lebih banyak. “35 persen (layanan penerbangan domestik) itu akan kita turunkan, nanti jadi 30 persen, lebih dikit lah,” tutur Sunu.

Menurut Sunu, memperbanyak rute penerbangan internasional merupakan upaya lindung nilai (hedging) secara alamiah yang bisa dilakukan oleh Indonesia AirAsia. “Dalam kondisi (pelemahan rupiah) seperti ini saya harus mendapatkan mata uang asing lebih banyak. Memang mata uang asing relatif lebih tahan terhadap dolar dari pada rupiah,” kata Sunu.

Selain mata uang rupiah yang terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat, Sunu mengatakan bahwa kondisi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sedang melambat juga menjadi penyebabnya. Apalagi sejak tahun lalu Kementerian Perhubungan sudah menetapkan adanya tarif batas bawah yang membuat permintaan tiket penerbangan semakin lesu. “Kami juga harus melihat realita dari market domestik. Market domestik kecenderungannya melemah karena masalah ekonomi, kemudian pasar domestik juga kecenderungannya over supply karena banyak pemain,” ujar Sunu.

Meskipun demikian, Sunu enggan menyebutkan rute-rute domestik mana saja yang bakal ditutup. Namun, untuk rute penerbangan internasional yang akan dibuka, Indonesia AirAsia sudah menyiapkan dua rute, yaitu Surabaya-Bangkok dan Padang-Singapore.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply