INACA Sambut Baik Pembebasan Bea Masuk Suku Cadang Pesawat



Dalam paket kebijakan ekonomi jilid kedelapan yang dirilis oleh pemerintah, terdapat pembebasan bea masuk suku cadang pesawat yang selama ini dibebankan kepada maskapai penerbangan maupun perusahaan MRO (maintenance, repair, and overhaul) pesawat. Tentu saja hal ini membawa angin segar bagi industri penerbangan di Indonesia karena bisa lebih kompetitif dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015.

Sekretaris Jenderal¬† Indonesian National Air Carriers Association (INACA) Tengku Burhanuddin menyambut baik langkah pemerintah yang memberikan pembebasan bea masuk suku cadang pesawat menjadi nol persen alias tidak dipungut biaya sama sekali. “Kalau memang paket kdelapan terdapat pembebasan bea masuk spare part pesawat, tentunya sangat mendukung maskapai dan juga PT DI dalam memproduksi pesawat,” kata Burhanuddin.

Buharnuddin meyakini pembebasan bea masuk suku cadang pesawat bisa membuat maskapai penerbangan Indonesia bersaing dengan maskapai penerbangan lain di ASEAN. Selain itu, jika terjadi kerusakan pesawat, maka pesawat itu bisa lebih cepat diperbaiki lantaran perusahaan penerbangan maupun perusahaan MRO berani mempersiapkan stok suku cadang yang lebih banyak. “Untuk maskapai tentunya ini akan menjadikan equal treatment dengan negara ASEAN dalam menghadapi ASEAN Open Sky,” ujarnya.

Foto: Didik Sudiarto Saleh/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply