INACA Minta 300 Komponen Pesawat Dibebaskan dari Bea Masuk



Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menginginkan agar industri penerbangan Indonesia lebih kompetitif dengan negara-negara lain di ASEAN. Salah satu hal yang diminta oleh INACA agar industri penerbangan menjadi kompetitif adalah pemerintah memberikan bebas bea masuk (import duty) terhadap 300 komponen pesawat.

Ketua Umum INACA Arif Wibowo mengatakan bahwa dari total 300 komponen pesawat yang diajukan untuk mendapatkan bebas bea masuk, baru empat yang mendapatkan persetujuan. Tahun depan diharapkan akan ada tambahan 27 komponen pesawat yang mendapatkan bebas bea masuk. “Import duty sekarang ini sudah empat dibebaskan, kami mengajukan sekitar 300 komponen,” kata Arif.

Menurut Arif, permohonan ini dilakukan karena komponen pesawat diproduksi di luar negeri, sedangkan di Indonesia belum ada produsen yang memproduksinya. Impor komponen pesawat juga tidak akan mengganggu industri lokal lantaran belum ada produsennya di dalam negeri. “Ini memang ranahnya Kementerian Keuangan, tetapi perlu disentuh oleh Kementerian Perhubungan, toh, tidak mengganggu industri lokal,” ujarnya.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply