Honeywell Pasok Mesin Pesawat Untuk PTDI



Perusahaan ternama asal Amerika Serikat, Honeywell pada Jumat (21/4) menandatangani kontrak pembelian 34 unit mesin turboprop oleh PT. Dirgantara Indonesia (PTDI).

Honeywell akan memasok mesin TPE331 untuk pesawat NC212i yang diproduksi PTDI selama empat tahun ke depan. Pengiriman enam mesin pertama akan dilaksanakan tahun ini, sementara sisanya akan dikirimkan secara bertahap hinhga tahun 2020.

“Honeywell dan PTDI telah menjalani hubungan kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan selama lenih dari 40 tahun dan kami optimis bahwa kemitraan ini akan terus berlanjut. Kemitraan ini merupakan bukti atas hubungan yang kuat dan positif antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Alex Pollack, Presiden Honeywell Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

“Kami berkomitmen untuk turut meningkatkan kinerja perusahaan lokal seperti PTDI dengan melakikan transfer teknologi dan keterampilan seiring dengan pengembangan kapasitas PTDI di kawasan ini. Kerjasama kami dengan PTDi semakin membaik setiap tahunnya dan merupakan kemitraan yang sinergis serta saling menguntungkan yang bisa menjadikan pesawat lebih baik dengan performa mesin yang sangat baik digunakan di seluruh dunia,” tambah Pollack.

Sementara itu, Presiden Direktur PTDI Budi Santoso mengatakan, ini adalah kontrak pesawat terbang tebesar yang pernah ditandatangani oleh PTDI, dan pihaknya bangga telah bermitra dengan Joneywell yang mesin-mesinnya sesuai dengan kebutuhan realibilitas dan efisiensi biaya.

“Mesin TPE331 Honeywell adalah salah satu mesin turboprop yang paling dapat diandalkan dan telah terbukti di dunia, selain memenuhi syarat sebagai mesin untuk pesawat kami,” kata Budi.

“Kami yakin bahwa perjanjian dengan Honeywell ini akan semakin memperkuat kapabilitas kami sebagai produsen pesawat di kawasan ini,” tambah Budi.

Dengan mesin turboprop TPE331 Honeywell,pesawat NC212i milik PTDI dapat lepas landas dan naik secara lebih cepat, mencapai kecepatan jelajah (cruise speed) lebih efisien, pemakaian bahan bakar yang lebih hemat, dan menekan biaya operasi. Selain itu, sebagai bagian dari strategi Honeywell di pasar yang bertumbuh secara pesat seperti Indonesia, Honeywell akan memberikan pelatihan mengenaimesin TPE331 secara gratis kepada enam insinyur PTDI guna membangun keterampilan pemeliharaan armada serta memastikan pengetahuan teknis bagi mitra-mitra lokal. Sebelum perjanjian ini, Honeywell telah dipilih untuk memasok 11 mesin TPE331 untuk armada pesawat NC212-400 dan NC212i milik PTDI pada tahun 2015.

Foto: Honeywell

Be the first to comment

Leave a Reply