Hibah BMD Bandara Sultan Babullah Diterima Kemenhub



Return to Base. Foto: Joe Roland S. Bokau
Return to Base. Foto: Joe Roland S. Bokau

Kementerian Perhubungan resmi menerima hibah Barang Milik Daerah (BMD) di Bandara Sultan Babullah dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara di Sofifi, Ibukota Maluku Utara. Total hibah BMD dari Provinsi Maluku Utara ini senilai Rp 169,294 miliar.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara H. Muabdin H. Radjab dan Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Pramintohadi dengan disaksikan Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dan Wakil ketua DPRD Maluku Utara Ishak Naser.

Hibah sendiri terdiri dari peralatan dan mesin senilai Rp 1,726 miliar, gedung dan bangunan senilai Rp 109,323 miliar, jalan, irigasi dan jaringan senilai Rp 39,905 miliar serta peralatan dan perlengkapan kantor Rp 18,34 miliar.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas partisipasi Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam meningkatkan perkembangan transportasi udara di wilayah Maluku Utara melalui pengembangan Bandara Sultan Babullah Ternate.

Agus mengatakan, penyelenggaraan dan operasional sebuah bandara perlu didukung dengan beberapa aspek di antaranya aspek teknis, administrasi dan organisasi. “Penyelenggaraan dan pengoperasian Bandar Udara Sultan Babullah Ternate perlu dilakukan dengan tertib secara administrasi guna kelancaran pelaksanaan anggaran. Sehingga perkembangan dan operasional pada bandara ini dapat berjalan sesuai peraturan,” ujar Agus.

Setelah dilaksanakannya proses hibah ini, selanjutnya akan dilakukan register kepada Kementerian Keuangan terhadap hasil pekerjaan yang bersumber dana dari APBD Pemprov Maluku Utara. Dari sisi organisasi, Agus juga menginformasikan bahwa telah dibentuk Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sultan Babullah Ternate.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply