Hercules TNI AU Alami Kecelakaan di Wamena



C130 Hercules A1334

Sebuah pesawat angkut Lockheed C-130H Hercules yang dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara, mengalami kecelakaan menjelang pendaratan di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/12) pagi. Sebelumnya, pesawat dengan registrasi A-1334 ini melakukan penerbangan dari Timika menuju Wamena.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya di Jakarta, Minggu, menjelaskan, pesawat itu lepas landas dari Timika pukul 05.35 WIT dan diperkirakan tiba di Wamena pukul 06.13 WIT.

“Sebelum mendarat, kontak terakhir dengan menara komunikasi Wamena pukul 06.02 WIT, pada 06.08 WIT, sudah lapor pesawat terbang itu akan mendarat,” ujar Jemi, seperti yang dilansir oleh Antara.

Jemi melanjutkan, pukul 06.09 WIT pesawat Hercules yang merupakan hibah dari Australia itu mengalami hilang kontak. Pesawat Hercules ini sedang mengangkut bahan makanan dan material lainnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR menyatakan, pukul 08.00 WIT mendapat informasi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Wamena bahwa pesawat Hercules yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon Kawer itu hilang kontak pukul 06.09 WIT.

“Informasinya pesawat itu membawa kru sebanyak 12 orang,” ujar Teguh.

Foto: Fikri Izzudin Noor / Indo-Aviation.com