Hasil Investigasi Kecelakaan QZ8501 Diumumkan 1 Desember 2015



Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) memutuskan menunda pengumuman hasil investigasi kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501 yang terjadi pada 28 Desember 2014 lalu. Awalnya, hasil investigasi akan diumumkan pada 25 November 2015, tapi kemudian ditunda hingga 1 Desember 2015. Pengumuman akan dilakukan di ruang aula KNKT Gedung Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Timur Nomor 5, Jakarta Pusat, pada pukul 14.00 WIB. Mengenai penundaan pengumuman hasil investigasi kecelakaan QZ8501 itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata.

Seperti diketahui, sebuah pesawat Airbus A320 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan berbiaya rendah Indonesia AirAsia mengalami kecelakaan dan terjatuh di Selat Karimata pada 28 Desember 2014. Pesawat itu membawa total 162 penumpang dan kru, dengan pilot penerbangan saat itu adalah Kapten Iriyanto dan kopilot Remi Plesel. Seluruh penumpang dan kru dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan penerbangan tersebut.

Saat ini dikabarkan investigator sudah menyelesaikan draft final hasil investagasi kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501. Selanjutnya draft itu dikirimkan ke sejumlah negara terkait, seperti Perancis selaku produsen pesawat dan Amerika Serikat sebagai pembuat beberapa komponen pesawat.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply