Harga Avtur Turun, Garuda Tidak Turunkan Tarif



Belakangan ini harga bahan bakar pesawat atau avtur mengalami penurunan seiring dengan turunnya harga minyak dunia. Meskipun harga avtur lebih rendah, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengaku tidak akan menurunkan harga tiket penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa harga tiket penerbangan tergantung dari mekanisme pasar, sedangkan perusahaan memanfaatkan turunnya harga avtur untuk melakukan ekspansi. “Mekanismenya kan harga mengikuti pasar. Turunnya harga avtur juga termakan dengan pertumbuhan kapasitas kita. Karena dengan tambahan 23 pesawat saja, fuel burn naik sekitar 10-15 persen,” ujarnya.

Menurut Arif, meskipun harga avtur mengalami penurunan, namun Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga ikut menekan bisnis penerbangan. “Ini seperti pengungkit, satu naik dan satu turun. Itu yang saya bilang sebagai bagian dari strategi Garuda Indonesia dalam menghadapi strong head wind dan tail wind,” katanya.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply