Hadapi Lebaran, Menhub Minta Jam Operasional Bandara Ditambah



Kenaikan jumlah penumpang pada angkutan Lebaran tahun 2017 secara signifikan diprediksi akan terjadi pada angkutan udara yakni sebesar 9% dari tahun sebelumnya. Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta operator bandara menambah jam operasional bandara hingga pukul 24.00 malam.

“Kami minta kepada operator bandara dan airlines untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya dengan memperpanjang waktu operasi bandara, kalau Soekarno Hatta sudah sampai pukul 12 malam, tetapi bandara di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo belum sampai jam segitu,” ujar Budi usai kunjungan kerja di Ternate, Selasa (9/5).

“Kami sudah mendapat persetujuan dari angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut terkait penambahan waktu operasi bandara,” tambah Budi

Selain itu, untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran di bandara Soekarno Hatta, Budi meminta untuk menghentikan sementara pekerjaan overlay landasan pacu (runway).

“Bandara Soekarno Hatta kan ada overlay, kami minta selama lebaran itu dihentikan sehingga pergerakan penerbangan malam bertambah, jadi akan ada airline yang menambah slot penerbangan jika ada penambahan jam operasional bandara sehingga ada kemungkinan kenaikan 9% akan bertambah lagi. Kenaikan ini dalam masa H-15 sampai H+15 lebaran,” papar Budi.

Budi mengharapkan airlines untuk melakukan ramp check pesawat yaitu dengan melakukan tes terhadap hal-hal atau kondisi yang vital dari pesawat. Sampai saat ini sudah ada 50% jumlah pesawat yang telah dilakukan ramp check.

Foto: Fikri Izzudin Noor / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply