George Town Penang Street Art




Mural jalanan di George Town Penang. Foto: Dok. Karina Ayu Budiani.

Berwisata di George Town Penang selain kulineran cicip mencicip makanan lokal, juga bisa lihat-lihat street art di jalanan George Town Penang. Tidak hanya sreet art dalam bentuk mural (lukisan dinding) saja yang bisa menghasilkan foto-foto unik dan atraktif, ada juga street art menggunakan media welded iron yang diubah menjadi karikatur di dinding-dinding jalanan. Beberapa street art yang telah menjadi ikon Penang, seperti KIDS ON BICYCLE, BOY ON A CHAIR, dan OLD MOTORCYCLE. Mostly dari semua street art tersebut sudah masuk di dalam brosur panduan wisata di Penang. Tapi ternyata banyak street art lain yang tidak tercantum di brosur manapun.

Begitu banyaknya street art di George Town, tak cukup waktu sebentar untuk menemukan semuanya. Pastikan untuk sedia waktu 1 hari penuh sejak pagi hari (supaya tidak kepanasan), hingga sore hari untuk hunting street art di George Town. Jika datang sebagai solo traveler, jangan ragu meminta tolong orang untuk mengambil foto. Tapi sebaiknya tetap membawa tongsis atau tripod, karena ada juga lokasi street art yang jarang dilewati orang.

Nah, mural street art ini bukan di dinding tembok tapi di dinding rumah dari kayu.

Street art dengan media welded iron itu unik, karena biasanya dilengkapi dengan tulisan yang menjelaskan ceritanya. Bahkan ada juga tulisannya itu berupa balon kata.

Penulisnya: Karina Ayu Budiani