General Electric Aviation Mulai Ujicoba Sertifikasi Mesin GE9X



General Electric (GE) Aviation secara resmi memulai ujicoba sertifikasi mesin GE9X di Peebles Test Operation (PTO) di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Mesin ini nantinya akan mentenagai pesawat berbadan lebar (widebody) terbaru Boeing, 777X.

Uji sertifikasi GE9X putaran pertama dilakukan pada mesin GE9X kedua yang diproduksi sesuai konfigurasi yang dbangun oleh GE. Untuk mempersiapkan program sertifikasi, full engine to test (FETT) pertama dimulai pada Maret 2016, menghasilkan data penting mengenai sistem mesin penuh dan kinerja aerodinamis, verifikasi mekanis, dan validasi sistem aero thermal. Pengujian mesin FETT diakhiri awal tahun ini dengan serangkaian tes natural-icing di PTO, di mana GE9X memulai lebih dari 50 titik uji, mengumpulkan 168 jam dan 162 cycles.

“Melengkapi upaya validasi setahun penuh pada mesin FETT memberi kami keyakinan besar untuk masuk ke program sertifikasi dengan mesin GE9X kedua,” ujar Ted Ingling, General Manager GE9X di GE Aviation, Kamis (18/5).

“Dengan menggabungkan semua pembelajaran dari mesin FETT, kami memulai program sertifikasi GE9X dengan konfigurasi yang stabil dan memposisikan diri untuk memenuhi jadwal dan harapan kinerja pelanggan kami mulai dari hari pertama memasuki layanan,” jelas Ingling.

Ketika mesin GE9X kedua yang mulai diuji coba di PTO, perakitan mesin GE9X ketiga dan keempat berjalan dengan baik di markas besar GE Aviation di Evendale, Ohio. Mesin GE9X keempat dijadwalkan untuk ujicoba dan uji terbang pada pesawat flying test bed Boeing 747-400 yang dioperasikan oleh GE yang diterbangkan dari Gurun Mojave di Victorville, California, sebelum akhir tahun.

Dengan hampir 700 mesin GE9X yang dipesan, mesin GE9X akan memiliki daya dorong 100.000 pound dan akan memiliki fan terbesar dengan diameter 134 inci dengan bahan komposit dan 16 buah bilah fan komposit serat karbon generasi keempat. Fitur utama lainnya termasuk seperti kompresor bertekanan tinggi, TAPS III generasi ketiga untuk efisiensitinggi dan emisi rendah, serta material CMC dalam combustor dan turbin.

Tercatat IHI Corporation, Safran Aircraft Engines, Safran Aero Boosters dan MTU Aero Engines AG ikut berpartisipasi dalam program mesin GE9X.

Foto: GE Aviation

Be the first to comment

Leave a Reply