Garuda Ungkap Tiga Alasan Pindah dari London Gatwick ke Heathrow



Garuda Indonesia berencana memindahkan operasional penerbangan ke London dari Bandara London Gatwick ke Bandara London Heathrow. Perusahaan penerbangan plat merah itu mengaku sudah mendapatkan slot penerbangan di London Heathrow dan berencana memindahkan operasi pada Maret 2016.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa setidaknya ada tiga alasan yang mendasari perpindahan operasional Garuda Indonesia dari London Gatwick ke London Heathrow. Pertama, London Heathrow memiliki lalu lintas penumpang maupun penerbangan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan London Gatwick. Kedua, di London Heathrow Garuda Indonesia memiliki konektivitas yang lebih banyak dengan maskapai-maskapai penerbangan anggota SkyTeam. “Ketiga yaitu catchment area. Gatwick itu terletak cenderung ke selatan, sementara Heathrow condong di antara tengah dan utara. Sedangkan, high density population di UK (United Kingdom) itu agak ke utara bukan ke selatan,” kata dia.

Menurut Arif, layanan penerbangan Jakarta-London masih akan tetap dioperasikan menggunakan pesawat Boeing 777-300ER dengan frekuensi sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun, bukan tidak mungkin frekuensi penerbangan itu akan ditambah jika permintaan penumpang meningkat. “Kami sekarang (terbang) tiga kali dalam sepekan. Tetapi, secara bertahap akan kami tambah terus untuk penerbangan ke sana. Jadi, ini adalah intensifikasi bukan ekstensifikasi,” ujar Arif.

Foto: YouTube

Be the first to comment

Leave a Reply