Garuda Terbang dari Bandara Pondok Cabe Mulai Maret 2016



Maskapai penerbangan Garuda Indonesia secara resmi telah menjalin kerjasama dengan PT Pertamina untuk memanfaatkan Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, sebagai basis operasi pesawat baling-baling ATR 72-600. Rencananya Garuda Indonesia mulai menerbangkan pesawat ATR 72-600 dari Bandara Pondok Cabe pada Maret 2016. “Target kita Februari atau Maret sudah bisa dilandasi ATR 72-600,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo.

Arif mengatakan bahwa pesawat ATR 72-600 milik Garuda Indonesia yang memiliki kapasitas 70 kursi kelas ekonomi itu akan mengoperasikan setidaknya delapan destinasi yang tersebar di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan beberapa kota di Jawa bagian selatan. “Kami rencanakan terbang ke delapan kota dari Pondok Cabe. Kami terbang ke Lubuk Linggau, Samarinda, Pangkalan Bun, Semarang, Palembang, Tanjung Karang, Ketapang, Yogyakarta. Kemudian kami kaji juga ke Cilacap sampai Cepu,” tambahnya.

Menurut Arif, Pertamina selaku pemilik Bandara Pondok Cabe kini sedang melakukan overlay terhadap landasan pacu bandara, serta melakukan renovasi terhadap gedung terminal dan fasilitas pendukung bagi penerbangan Garuda Indonesia. Oleh karena itu, Garuda Indonesia bersama dan Pertamina mengganden Kementerian Perhubungan untuk secara bersama-sama melakukan sertifikasi terhadap aspek keamanan dan keselamatan bandara. “Kami sedang laksanakan proses sertifikasi dengan Kementerian Perhubungan agar operasional bandara penuhi aspes safety dan security,” kata dia.

Seperti diketahui, Bandara Pondok Cabe merupakan bandara yang dimiliki oleh Pertamina dengan operator Pelita Air Service. Perusahaan yang disebut terakhir adalah anak usaha Pertamina yang bergerak di sektor penerbangan. Selama ini Bandara Pondok Cabe digunakan oleh Pelita Air Service sebagai basis operasi penerbangan charter ke berbagai destinasi di sektor minyak dan gas (migas).

Foto: ATR

Be the first to comment

Leave a Reply