Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Jayapura-Manado



Dalam rangka menghadapi permintaan penumpang yang tinggi menjelang Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan pada sejumlah rute dalam jaringannya. Salah satu rute penerbangan yang mendapatkan penambahan frekuensi adalah Jayapura-Manado.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura Wahyudi Kresna mengatakan bahwa selama ini Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jayapura-Manado sebanyak empat kali dalam seminggu. Kini rute penerbangan itu sudah ditambah frekuensinya menjadi tujuh kali seminggu. “Kita sudah ada extra flight ke Manado. Jadi ke Manado sebelumnya seminggu empat kali, tapi mulai 15 Desember 2015, kita sudah terbang setiap hari sampai 10 Januari 2016,” papar dia.

Menurut Wahyudi, tingginya permintaan kursi penerbangan rute Jayapura-Manado hanya berlaku untuk keberangkatan menjelang dan sesudah Natal 2015. Setelah itu masih banyak terdapat kursi penerbangan yang kosong belum terpesan. “Itu karena permintaan dari Jayapura dan Sorong, jadi sudah kita siapkan sejak lama. Hasilnya full sampai 26 Desember, tanggal 27 ke atas masih kosong, jadi kalau orang mau tahun baru di Manado,” katanya.

Khusus untuk arus balik, Wahyudi menuturkan bahwa pemesanan kursi sebagian besar terisi untuk keberangkatan pada pertengahan Januari 2016. Dia menduga banyak penumpang yang mengambil cuti tahunan untuk melakukan liburan, sehingga tidak pulang di awal bulan Januari 2016. “Pulangnya dari Manado di atas tanggal 10 Januari baru ramai,” ungkap Wahyudi.

Sementara itu, untuk rute penerbangan dari Jayapura menuju Jakarta selalu terisi penuh oleh penumpang. Bahkan tingkat isian kursi rata-rata bisa mencapai angka 95 persen. “Okupansi kita saat ini sekitar 90 sampai 95 persen, kadang-kadang untuk menjelang natal ini sampai 100 persen. Bahkan kursi bisnis pun terisi juga menjelang natal, artinya animo masyarakat memang luar biasa, mungkin karena libur panjang ini,” ucapnya.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply