Garuda Raih Penghargaan ICSA 2015 dari Majalah SWA dan Frontier



Sepanjang tahun 2015 ini maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil meraih 38 penghargaan, baik domestik maupun internasional. Khusus untuk domestik, salah satunya Garuda Indonesia menerima penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) 2015 dari Majalah SWA dan Frontier.

Senior Manager Pre and Post Flight Services Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan bahwa untuk mendapatkan gelar ICSA 2015, Garuda Indonesia lebih memilih melakukan pendekatan high-touch yang fokus terhadap manusia dibandingkan dengan pendekatan high tech. Dia pun menuturkan, berbagai gelar yang didapatkan malah menjadi beban bagi Garuda Indonesia. “Bagi Garuda ini menjadi beban karena akan meningkatkan ekspektasi orang sebagai maskapai berbintang lima di Indonesia. Semakin banyak penghargaan, semakin membuat Garuda Indonesia harus bangun, bangun, dan bangun,” ujarnya.

Sebagai maskapai penerbangan, Garuda Indonesia saat ini masuk dalam delapan besar daftar maskapai penerbangan terbaik dunia versy Skytrax. “Sebenarnya kami paling tidak suka ketika pujian kepada kami meningkat, karena akan membuat anak buah kami terlena. Seperti di bulan Juni 2015, kami mendapat pujian sebesar 71 persen dengan keluhan 15 persen. Hal ini justru berdampak penurunan performa kami di bulan-bulan berikutnya hingga pada September 2015 perolehan pujian kami justru menjadi 58 persen dan keluhan meningkat ke 25 persen. Seni untuk mengelola feedback dari pelanggan adalah jangan fokus pada perolehan pujian namun pada penurunan keluhan pelanggan,” kata Pikri.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply