Garuda Pertimbangkan Layani Kembali Rute Jakarta-Tokyo Narita



Perusahaan penerbangan plat merah, Garuda Indonesia, sudah menutup rute penerbangan yang menghubungkan antara Jakarta dan Tokyo Narita sejak beberapa tahun lalu. Tapi kini Garuda Indonesia sedang mempertimbangkan untuk kembali mengoperasikan rute penerbangan tersebut seperti yang dilansir oleh CAPA.

Kapasitas kursi penerbangan yang disediakan oleh Garuda Indonesia menuju Jepang saat ini memang telah berkurang drastis sebesar 40 persen dibandingkan dengan kapasitas yang disediakan pada November 2014. Pasar penerbangan Indonesia-Jepang memang sangat kompetitif, membuat peningkatan kapasitas sulit dilakukan tanpa mempengaruhi yield dan load factor.

Jepang merupakan pasar penerbangan internasional terbesar kedua bagi Garuda Indonesia setelah Singapura, dengan kapasitas sedikit di atas Australia. Meskipun demikian, Australia terkadang juga menjadi pasar penerbangang lebih besar dari Jepang bagi Garuda Indonesia pada periode tertentu, karena kapasitas yang diberikan oleh Garuda Indoensia di pasar penerbangan Australia memang cukup fluktuatif.

Garuda Indonesia sekarang sedang berencana mengoperasikan kembali rute penerbangan Jakarta-Tokyo Narita untuk meningkatkan konektivitas menuju Amerika Serikat dengan maskapai penerbangan anggota SkyTeam, yakni Delta Air Lines. Akan tetapi, Garuda Indonesia juga melirik peningkatan konektivitas ke Amerika Serikat melalui kerjasama dengan maskapai penerbangan Korea Selatan, Korean Air. Opsi yang kedua ini dianggap lebih masuk akal karena Korean Air memiliki penerbangan trans-Pasifik dari Seoul yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Delta Air Lines dari Tokyo Narita.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply