Garuda Perkuat Aliansi Skyteam dengan Vietnam Airlines



Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines memperkuat kerja sama dalam layanan, MRO (maintenance repair overhaul) dan kargo. Foto: Reni Rohmawati.

Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines memperkuat kerja sama dalam layanan, MRO (maintenance repair overhaul) dan kargo. Kemitraan antara kedua maskapai asal Indonesia dan Vietnam ini berkontribusi mengembangkan aliansi Skyteam.

Kesepakatan (MoU) kedua maskapai penerbangan tersebut ditandatangani di Jakarta, Rabu (23/8/2017). Momen itu dilakukan di sela-sela kunjungan Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo.

“Kerja sama ini untuk memperluas jejaring penerbangan antara dua maskapai dalam bentuk code share dan memberi lebih banyak pilihan perjalanan di Indonesia dan Vietnam,” ujar Pahala N Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia, usai penandatanganan.

Vietnam Airlines dan Maskapai Skyteam Mulai Pindah ke Terminal 3

Pahala mencontohkan, Garuda bisa memperluas penerbangannya ke Saigon (Ho Chi Min City) lewat Vietnam Airlines, bukan cuma ke Hanoi. Sebaliknya, Vietnam bisa terbang ke Surabaya dan Denpasar lewat Garuda, bukan hanya ke Jakarta.

Sementara itu, Direktur Utama Vietnam Airlines, Duong Tri Thanh mengatakan, sejak tahun 2006, Vietnam Airlines dan Garuda telah bekerja sama secara efektif dengan hasil yang nyata. “Kerja sama ini dilakukan agar kemitraan kami lebih solid dan saling menguntungkan,” tegasnya.

Peluasan jejaring penerbangan ke Surabaya dan Denpasar, kata Duong, karena penumpang bisnis dari Vietnam banyak juga yang ke ibukota Jawa Timur itu. Sementara Bali menjadi destinasi favorit untuk berwisata. Dia pun menyebut, penumpangnya pada tahun lalu, dari Vietnam sekitar 50.000 orang, sedangkan dari Indonenesia sekitar 70.000 penumpang.

Menurut Pahala, Vietnam merupakan pasar yang berharga untuk Indonesia. kerja sama ini, kami dapat menawarkan lebih banyak lagi pilihan perjalanan antara Indonesia dengan Vietnam. “Perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan wisata dengan kemudahan akses ke Indonesia bagi wisatawan Vietnam.”

Be the first to comment

Leave a Reply