Garuda Manado Optimis Tutup Tahun Dengan 110.000 Penumpang



Garuda Indonesia Branch Office Manado memiliki target mendapatkan 110.000 penumpang sepanjang tahun 2015. General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado Deddy Irawan cukup optimis target itu akan tercapai pada tutup tahun nanti.

Deddy menuturkan, perhitungan target itu sudah mencakup imbas dari penutupan beberapa rute penerbangan maupun pengurangan frekuensi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia, seperti rute Manado-Surabaya, Manado-Balikpapan, dan Manado-Makassar. “Efek penurunan penumpang memang terlihat sepanjang Januari-Oktober 2015 karena ada pengurangan rute. Harapan paling besar berada pada Desember 2015 karena diperkirakan adanya kenaikan hingga 95 persen pada penerbangan menuju Manado,” katanya.

Menurut Deddy, sejak Januari hingga Oktober 2015 Garuda Indonesia berhasil menerbangkan 76.630 penumpang dari Manado dengan tingkat isian kursi penerbangan mencapai 73,3 persen. Pada periode tersebut Garuda Indonesia juga mengangkut 990 ton kargo. Namun, angkutan kargo ini mengalami penurunan 2,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu karena karean ekspor tuna ke Japang dari Manado mengalami penurunan. “Market share kami masih sekitar 31 persen dengan kenaikan profit 1 persen. Tahun ini cukup ketat, baik dari segi persaingan, menurunnya daya beli akibat pelambatan ekonomi, maupun depresiasi rupiah,” jelas Deddy.

Foto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply