Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Rute Jakarta-Manado



Perusahaan penerbangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki negara, Garuda Indonesia, pada Agustus 2015 lalu menghentikan rute penerbangan Surabaya-Manado. Sebagai gantinya, mulai 16 Desember 2015, perusahaan akan menambah frekuensi rute penerbangan Jakarta-Manado menjadi delapan kali sehari.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado Dedy Irawan mengatakan bahwa penambahan frekuensi penerbangan dilakukan untuk memenuhi permintaan penumpang yang meningkat. Kini Garuda Indonesia masih harus menunggu izin dari Kementerian Perhubungan sebelum benar-benar menambah frekuensi penerbangan Jakarta-Manado. “Penambahan rute tersebut untuk memfasilitasi banyaknya karyawan atau pengusaha yang melakukan perjalanan bisnis ke Manado. Jika ini terealisasi, maka frekuensi penerbangan Jakarta-Manado akan menjadi delapan kali dalam sehari,” katanya.

Terkait dengan penutupan rute penerbangan Surabaya-Manado, Dedy mengatakan bahwa rute itu sekarang sudah dialihkan kepada anak usaha Garuda Indonesia yang bergerak di segmen penerbangan berbiaya rendah, Citilink Indonesia. Selain itu, Citilink Indonesia juga belum lama ini meluncurkan rute penerbangan baru Jakarta-Manado dan Makassar-Manado.

Menurut Dedy, dia memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang pada akhir Desember menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2016. “Pada akhir tahun ini, kami memperkirakan adanya kenaikan jumlah penumpang hingga 30 persen yang akan dimulai sejak 17 Desember 2015 sampai Januari 2016. Hal itu juga disebabkan karena penambahan frekuensi penerbangan Jakarta-Manado,” ucapnya.

Ke depan, Garuda Indonesia akan terus melakukan ekspansi dari Manado, baik itu untuk layanan penerbangan domestik maupun internasional. Langkah itu dilakukan Garuda Indonesia untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Kami berencana melakukan penambahan rute Manado-Gorontalo tahun depan. Untuk rute internasional, anak perusahaan kami akan menggarap rute Manado-China dengan sistem charter,” tambah Dedy.

Foto: Andika Primasiwi/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply