Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Wide Body untuk Penerbangan Haji 2017



Maskapai nasional Garuda Indonesia menyiapkan sedikitnya 14 pesawat berbadan lebar (wide body) untuk pelaksanaan operasional haji tahun 2017 (1438 H), menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) bersama kementerian Agama RI mengenai pengadaan transportasi udara penyelenggaraan haji tahun ini.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama tersebut berlangsung di kantor kementerian Agama Jakarta, Jumat (7/4), dan dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI H. Abdul Djamil.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama H. Abdul Djamil mengatakan, sangatlah penting dalam memastikan kelancaran operasional haji, termasuk peranan dari aspek transportasi udara, untuk itu, pihaknya berupaya memastikan seluruh proses pengadaan transportasi udara haji pada tahun ini dapat memberikan layanan transportasi udara terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan armada terbaiknya untuk memastikan layanan penerbangan haji pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak hanya mempersiapkan layanan armada terbaik, Garuda juga mempersiapkan layanan cabin crew terbaiknya khususnya melalui layanan Garuda  Indonesia Experience yang diterjemahkan melalui konsep salam, senyum dan sapa, yang kami harapkan mempermudah pelayanan Jemaah haji,” kata Arif.

Pada tahun 2017 Garuda Indonesia menyiapkaan sebanyak 14 pesawat haji yang terdiri dari tiga pesawat B747-400, empat pesawat B777-300ER, dan tujuh pesawat A330-300. Adapun jumlah pesawat yang dioperasikan pada musim haji tahun 2017 tersebut menyesuaikan dengan peningkatan trafik Jemaah haji pada tahun ini.

Arif menambahkan pihaknya juga menyambut baik dengan adanya penambahan kuota haji pada tahun ini. Pada tahun ini kuota haji meningkat menjadi 107 ribu penumpang dimana sebelumnya pada tahun lalu berjumlah 79 ribu. Pada tahun ini Garuda Indonesia memberangkatkan jemaah haji dari sembilan embarkasi yang terdiri dari 280 kloter di seluruh Indonesia.

Selain peningkatan jumlah armada, Garuda Indonesia pada tahun ini juga meningkatkan jumlah awak kabin haji menjadi 506 awak kabin (sebelumbya 442 awak kabin), dimana 57 persen di antaranya merupakan putra-putri daerah. Tujuan Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah-daerah embarkasi tersebut adalah merupakan bagian dari “pelayanan” Garuda Indonesia kepada para Jemaah-khususnya untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa), mengingat sebagian Jemaah hanya mampu berbahasa daerah

Pada tahun 2016 lalu, Garuda Indonesia menerbangkan sebanyak 78.772 jemaah haji, dengan ketepatan waktu (on time performance) sebesar 98.05 persen. Total 78.772 jemaah haji tersebut diterbangkan dari delapan embarkasi yang dibagi dalam 205 kelompok terbang (kloter).

Foto: Garuda Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply