Garuda Indonesia Luncurkan Rute Solo-Jeddah Mulai Tahun 2016



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bakal menambah rute penerbangan umroh pada tahun depan dengan membuka rute Solo-Jeddah, menyusul beberapa rute penerbangan umroh yang sudah ada saat ini seperti Jakarta-Jeddah, Surabaya-Jeddah, Balikpapan-Jeddah, Makassar-Jeddah, dan Medan-Jeddah. Langkah itu dilakukan lantaran permintaan penerbangan umroh dari wilayah Solo, Yogyakarta, maupun Jawa Tengah pada umumnya cukup tinggi.

Vice President Domestic Region 3 Garuda Indonesia Flora Izza mengatakan bahwa peluncuran rute penerbangan Solo-Jeddah akan dimulai pada Februari 2016. “Mengantisipasi pertumbuhan ibadah umroh yang semakin meningkat, rencana awal Februari 2016, kita sudah bisa operasionalkan pesawat dari Solo-Jeddah,” ungkap Flora Izza dalam peluncuran rute penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Semarang tujuan Pangkalan Bun, Rabu (23/12/2015).

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa maskapai penerbangan tidak bisa membuka layanan penerbangan umroh dari Semarang ke Jeddah karena fasilitas Bandara Ahmad Yani Semarang yang kurang memadai, mulai dari tempat parkir dan landasan pacu yang tidak bisa menampung pesawat berbadan lebar. Namun Ganjar menjanjikan Bandara Ahmad Yani sudah bisa melayani pesawat berbadan lebar pada tahun 2017. “Kami sadar untuk kapasitas bandara saat ini. Diharapkan nanti 2017 sudah selesai pengerjaannya dan akan ada dua tempat parkir untuk pesawat berbadan lebar. Itu bisa untuk haji dan layanan umrah, hingga bisa direct flight ke Jeddah, baik dari Solo maupun Semarang,” kata Ganjar.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply